Bobby : Revitalisasi Gedung Warenhuis Kota Lama Tidak Hilangkan Nilai Sejarah

  • Bagikan
Bobby Nasution meninjau kondisi Gedung Warenhuis Kawasan Kota Lama.(Foto : Kominfomdn)

Medan I membaranews.com

 

Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi waktu dua minggu kepada konsultan untuk menyiapkan secara detail masterplan revitalisasi Gedung Warenhuis berlokasi di Jalan Ahmad Yani VII Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat.

 

“Revitalisasi dilakukan tidak menghilangkan nilai sejarah pada gedung tua merupakan cagar budaya”, tegas Bobby saat meninjau Gedung Warenhuis didampingi Kadis Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Ruang (PKPCKTR) Kota Medan Endar Sutan Lubis, Kadis Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Topan OP Ginting dan pihak konsultan, Rabu (07/06/2023)

 

Selain gedung tua dulunya merupakan supermarket , bangunan yang ada di sampingnya juga ikut direvitalisasi. Bangunan tersebut masih menjadi bagian dari kawasan Kota Lama Kesawan.

 

Secara desain dan master plan, kawasan ini sudah ada termasuk dengan pembangunan Gedung Warenhuis dan kawasan Kesawan sampai dengan Jalan Perdana,kata Bobby

 

Dari peninjauan dilakukan Bobby , banyak sekali bangunan bersejarah di kawasan ini. Maka kita minta detail master-plannya dan harus dibuat perkawasan.

 

Jadi kita minta kepada teman-teman yang paham cagar budaya bersama-sama mengembalikan bangunan dan fungsinya guna meningkatkan ekonomi Kota Medan,ujar Bobby.

 

Menurut Bobby, kondisi Gedung Warenhuis saat ini tidak sepenuhnya untuh 100 persen.Namun cerita dari bangunan yang ada dapat menjadi nilai tambah dari kawasan ini apabila nanti sudah kembali difungsikan.

 

Karena itu ,Bobby menekankan bangunan peninggalan sejarah, tidak boleh dirubuhkan tetap dipertahankan,sebutnya.

 

Gedung Warenhuis dan bangunan di sebelahnya digabung menjadi satu memiliki luas sekitar 1 hektar. Pada revitalisasi kedua bangunan ini masuk ke dalam program prioritas yakni pembenahan kawasan heritage untuk memberdayakan dan membangkitkan perekonomian.

 

Disini nanti bukan hanya kegiatan ekonomi tetapi ada fasilitas umum sehingga masyarakat bisa menikmati kawasan kota lama.

 

Pemko Medan akan mendiskusikan lebih lanjut terkait pembangunan dilakukan dan berkolaborasi dengan pihak swasta. Investor kita ajak membangun kota lama ini,tandas Bobby.(Rul)

 

Foto :

 

Bobby Nasution meninjau kondisi Gedung Warenhuis Kawasan Kota Lama.(Foto : Kominfomdn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *