Tanggul Sungai Bahapal Jebol. Desa Kandangan Batu Bara Banjir

  • Bagikan
Kapolsek Indrapura AKP Sandi memberi bantuan sembako kepada masyarakat korban banjir Kandangan Laut Tador. (foto : mujakarya bakti)

membaranews.com(Batu Bara)

Banjir besar melanda Batu Bara akibat jebolnya tanggul Sei Bahapal sepanjang 20 meter.

Air menerabas Dusun Pulo Rotan Desa Kandangan Kecamatan Laut Tador, Minggu pagi (6/12/2020)  sekitar pukul 10.30 Wib. Sebanyak 20 rumah  (Kepala Keluarga) terendam dan puluhan hektar termasuk tanaman palawija dan kebun  kelapa sawit.
Jebolnya tanggul Sei Bahapal akibat meluapnya air sungai sejak beberapa hari ini.

Kapolsek Indrapura AKP Sandi beserta personil  turun ke lokasi melihat kondisi banjir dan memberi bantuan berupa beras dan minyak kepada warga korban banjir.Sedikitnya ada 40 karung beras disalurkan  untuk membantu warga tertimpa musibah.

Kapolsek Indrapura AKP Sandi  Minggu (6/12/2020) sore melalui telepon seluler mengatakan,  jebolnya Tanggul Sei Bahapal terjadi Minggu pagi sekitar pukul 10.30 WIB.

Saya dan beberapa personil langsung meninjau ke.lapangan melihat kondisi masyarakat disana dan mengantisipasi sirtuasi buruk yang mungkin terjadi”, ujar AKP. Sandi.

Hingga Minggu sore Kapolsek beserta anggota memantau situasi di lokasi banjir  dan memberi bantuan sembako kepada 40 KK terkena banjir.

Penyebab  banjir menurut warga,  akibat  melimpahnya debit air sungai Sei Bahapal sehingga tanggul jebolnya  sepanjang 20 meter. Rumah warga,  lahan perkebunan  terendam air setinggi kurang lebih 50 cm, tanaman palawija seperti jagung,cabai,ubi sayuran, kebunan kelapa sawit  terendam. Namun korban jiwa  tidak ada”, ujar Sandi.

Pantauan membaranews.com, intensitas  curah hujan di wilayah Kabupaten Batu Bara beberapa sungai seperti Sungai Bahapal,Sungai Sipare Pare,Sungai Tanjung ,Sungai Titi Putus,  Sungai Gambus meluap.Dikuatirkan  warga bahwa kondisi tanggul saat ini cukup parah. Ada beberapa titik badan tanggul yang retak dan mulai erosi ,sementara perawatan dari  PU Provinsi belum ada sampai saat ini.

Yang takutkan banjir kiriman dari Kabupaten Simalungun sementara beberapa sungai tidak sanggup menerima luapan air yang datang dari Simalungun,” ujar warga Kecamatan Airputih yang saat ini mulai waspada.

Selain itu dampak dari jebolnya Tanggul Sei Bahapal,ada beberapa desa di Kecamatan Medang Deras akan terkena banjir kiriman dari desa Kandangan .(mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *