Tahun 2021, Bank Sumut Jual Saham Untuk Ekspansi Bisnis

  • Bagikan
Muchammad Budi Utomo

membaranews.com-(Medan )

Tahun 2021, PT Bank Sumut akan menjual saham ke publik. Penjualan saham sebagai upaya transformasi bagi Bank Sumut  merupakan salah satu kunci untuk dapat lolos dari tantangan Pandemi.

Tahun depan,  Bank Sumut melakukan persiapan menuju perusahaan terbuka dengan rencana melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran perdana sebagian saham perusahaan ke publik”, kata Direktur Utama PT Bank Sumut  Muchammad Budi Utomo, Senin (28/12/2020).

Untuk menjadi perusahaan terbuka, penerapan GCG sebuah keharusan guna mencapai kinerja terbaik. Salah satu strategi yang akan diterapkan di tahun depan  dengan memaksimalkan penerapan praktik GCG.

Salah satunya  dengan cara membuat penyesuaian struktur organisasi berdasarkan kompleksitas usaha bank, menetapkan ketentuan-ketentuan internal, termasuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan berintegritas tinggi, ujar Utomo.

Untuk itu perlu meningkatkan profesionalisme  tata kelola perusahaan dan transparansi pengelolaan keuangan. Bank Sumut berkolaborasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Kolaborasi bertujuan untuk mencegah dan memimalisir praktik gratifikasi, korupsi atau kejadian fraud di  internal bank sehingga Bank Sumut  menjadi bank yang sehat, kuat, profesional dan memiliki kredibilitas tinggi, sebutnya.

Menurut Utomo, penerapan prinsip GCG secara komprehensif dan berkesinambungan,  dapat menciptakan Good Governance dan Clean Governance. Penguatan budaya perusahan dengan tata kelola yang sehat  sangat diperlukan dalam persiapan menuju IPO.

Direncanakan, PT Bank Sumut akan melakukan IPO  tahun depan setelah ditunda tahun 2020.IPO  direncanakan dengan menerbitkan saham sekitar 20 – 25 % dari modal saat ini. Ini merupakan salah satu target rencana strategis Bank Sumut di tahun 2021, dimana penyelenggaraannya tetap tergantung dengan kondisi pasar saham.

Sejauh ini, persiapan IPO   masih berjalan  baik dan masih  tahap Ijin Prinsip,kata Utomo. IPO bertujuan  memperkuat permodalan Bank Sumut dalam melakukan ekspansi bisnis.

Rencana strategis 2021 lainnya adalah dengan perbaikan kualitas kredit, pengembangan fitur e-channel digital banking untuk mendukung pertumbuhan bisnis bank, peluncuran dan pengembangan produk/aktifitas baru.

Yang paling penting adalah fokus strategi pada retail banking dimana Bank Sumut berencana meningkatkan pangsa pasar penyaluran KMG kepada ASN sampai 75% yang saat ini masih mencakup 54%.

Bank Sumut juga berupaya semakin memberdayakan sektor UMKM sesuai  visi Bank Sumut berperan aktif dalam pemberian kredit/pembiayaan pembangunan. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *