Swedia Lirik Transportasi Sumut dan Pengolahan Sampah di Sumut

  • Bagikan

membaranews.com-[Sumut]

Swedia saat ini melirik usaha transportasi publik di Sumut. Ini dapat dilihat dari pertemuan pejabat Kedubes Swedia dengan Gubernur Sumud Edy Rahmayadi di Kantor Gubernur, Selasa (28/1)

“Pemprov Sumut menyambut baik kemungkinan kerjasama di bidang transportasi publik”,kata Asisten Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprov Sumut Arsyad Lubis, dihadapan rombongan kedutaan terdiri dari Trade Comissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar dan rombongan delegasi pengusaha bidang transportasi dan perencanaan kota yang bersifat ramah lingkungan.

Memang saat ini, Pemprov Sumut sedang gencar melakukan pembangunan termasuk bidang transportasi publik. Mobilitas penduduk semakin meningkat namun belum didukung dengan infrastruktur jalan dan moda transportasi umum yang nyaman dan memadai.

“Swedia merupakan salah satu negara yang aman dan nyaman di Eropa. Salah satunya karena didukung teknologi transportasi dan perencanaan kota yang baik. “Kita harapkan Pemerintah Swedia bisa berbagi pengalaman terkait pengembangan urban transportation sehingga bisa diterapkan di Sumut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris.l Lubis.

Sektor pariwisata juga perlu dukungan dengan infrastruktur transportasi yang baik. Apalagi di Sumut terdapat destinasi super prioritas Danau Toba, kata Kadis Kebudayaan dan Pariwasata Sumut Ria Telaumbanua.

Trade Comissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar menyampaikan tujuan kunjungan untuk menjajaki kerjasama bidang transportasi publik dan pengelolaan sampah.

“Saya merasa begitu banyak bisa kita kerjasamakan di lmasa depan termasuk sektor pariwisata. Kami sangat tertarik terlibat mendukung tourism goals di Sumut. Namun saat ini fokusnya adalah transportasi. Untuk itu kami membawa sejumlah ahli dan pengusaha yang berpengalaman di bidang tersebut,” jelas Erik.

Sebagai tindak lanjut dari penjajakan, kata Erik akan ada workshop teknis yang juga didukung Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Sumut di Grand Aston Medan.

Nanti dibahas lebih mendalam tentang masalah dan solusi serta potensi-potensi investasi dari Swedia untuk Sumut, sebut Erik pada pertemuan dihadiri Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan,pejabat Pemko Medan, Pemko Binjai, Pemkab Deliserdang.

Sedangkan Kedubes Swedia membawa rombongan delegasi pengusaha dan ahli yakni Regional Director Volvo Mats Nilsson, Country Director Volvo Himawa Kunto, Presiden Direktur KJF Ola Jemberg, dan Presiden Direktur Gunnebo Narinder Arora.(rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *