Sakit Tua, Harimau Sumatera Koleksi Medan Zoo Mati.

  • Bagikan

Medan I membaranews.com

Si Manis, Harimau Sumatera berjenis kelamin betina BB mati Jumat (20/9/2024) sore sekira pukul 16.30 WIB di dalam kandangnya Medan Zoo.

Informasi tim dokter hewan Medan Zoo, Muhammad Syah, Si Manis mati karena penyakit dideritanya. Dari nekropsi yang dilakukan diketahui pihak BBKSDA Sumut, terlihat penyakit pada hati, jantung dan ginjalnya.

Yang cukup parah terjadi benjolan berisi cairan pada hatinya. Jantungnya juga terjadi penebalan begitu juga ginjalnya, kata Muhammad Syah kepada wartawan Jumat malam.

Si Manis diketahui berusia sekitar 23 tahun. Pertama kali masuk Medan Zoo, Si Manis bersamaan dengan Anggi Harimau Sumatera juga berjenis kelamin jantan sekitar 2005 silam.
Usia di atas 20 tahun sudah termasuk kategori tua untuk harimau Sumatera.

“Dari hasil nekropsi, terdapat penumpukan lemak pada pembungkus jantung dan beberapa organ lain.Organ yang sudah di koleksi akan segera dilakukan pemeriksaan histopatologi ke laboratorium untuk memperkuat diagnosa sementara akibat kematian Harimau Si Manis,” sebut Muhammad Syah.

Si Manis sebelumnya sudah dinyatakan sakit cukup parah Mei 2024 lalu. Namun dengan perawatan intensif, Si Manis bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Beberapa hari ini Si Manis tidak mau makan daging dan sore ini telah tiada,katanya.

Setelah nekropsi (otopsi) hingga malam tadi, Si Manis sudah dikuburkan,” tambah alumni Universitas Syah Kuala Aceh itu. (Rul/R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *