PIMNAS Ke-34 Berakhir, UGM Juara Umum, USU Raih 3 Penghargaan

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke- 34 digelar sejak tanggal 25 – 29 Oktober 2021 telah berakhir. Puncak acara digelar meriah dan gemerlap di Universitas Sumatera Utara (USU).

Perhelatan nasional tersebut memberikan kejayaan kepada Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai Juara Umum yang meraih piala bergilir PIMNAS Ke-34. Sedangkan Juara II diraih Institut Pertanian Bogor (IPB) ,Juara III diraih Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Sementara USU berhasil meraih satu perunggu dan dua Juara Favorit.

Penghargaan setara perunggu diraih Sindi Elisa Tanjung di Kelas PKMRE-2 dengan karya “Sifat Penginderaan Film Nanosheet Ekstrak Antosianin Buah Bit/Grafiena/PVA sebagai Kemosensor Diagnosa Dini Kanker Paru-Paru Melalui Hembusan Napas”. Sedangkan Juara Favorit diraih Muhammad Atqa Adzkia Zaldi di Kelas PKM KC-4 dengan karya “Kursi Roda Pintar untuk Meningkatkan Mobilitas Tunanetra dengan Sensor Ultrasonic dan Termometer sebagai Penerapan Protokol Kesehatan di Kala Pandemic” dan di Kelas PKMRE-5 Juara Favorit diraih Nikayati dengan karya “Solar paint : Cat Terintegrasi Perovskite/Ti02 dari Aki Bekas dengan Metode Spray-Coating Sebagai Solusi Energi Terbarukan”.

Rektor USU Muryanto Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak mendukung penyelenggaraan PIMNAS Ke-34 khusus kepada jajaran l Kemendikbudristek, Dirjen Puspresnas, Direktorat Belmawa, Pemprov Sumut, Pemko Medan, sponsorship sehingga kompetisi berjalan dengan baik dan sukses.

Rektor juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan berharap yang belum berhasil menang tidak patah semangat dan terus berupaya memperbaiki diri lebih baik lagi di masa mendatang.

Ketua Umum PIMNAS Ke- 34 Dr Edy Ikhsan melaporkan , PIMNAS Ke-34 dimulai 25 Oktober dengan sejumlah kegiatan telah dilakukan diantaranya malam ramah tamah di Istana Maimoon bersama keluarga Sultan Deli dengan mengenakan pakaian adat Melayu.

Opening ceremony. di Halaman Biro Administrasi USU dihadiri 200 tamu undangan, penjurian presentasi diselenggarakan 27-28 Oktober 2021 di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dan Fakultas Kedokteran Gigi USU, penjurian poster di Gedung Pancasila USU, sarasehan bersama para Wakil Rektor dan Direktur Bidang Kemahasiswaan di Auditorium USU dan Kuliah Umum menghadirkan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Dr Nana Mulyana.

Kegiatan penjurian presentasi dilaksanakan dengan baik di 18 ruangan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dan 17 ruangan Fakultas Kedokteran Gigi. Kegiatan penjurian dilakukan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui saluran channel Youtube Official USU. Seluruh kegiatan didukung dengan jaringan internet yang mencapai 800 lebih Mbps untuk mempermudah seluruh proses penjurian secara daring.

Kegiatan penjurian poster juga berjalan dengan baik dan lancar di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara. Poster karya peserta PIMNAS Ke-34 dipresentasikan secara pameran sebanyak 735 poster. Proses penjurian dapat disaksikan secara langsung melalui saluran streaming youtube official USU.

Pameran poster disaksikan sejumlah siswa SMA dan mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Medan.

Malam puncak penutupan PIMNAS Ke-34 dihadiri daring jajaran pejabat di Kemendikbudristek, Puspresnas dan Belmawa dan para Rektor PTN/PTS peserta PIMNAS ke-34 di seluruh Indonesia.

Hadir luring antara lain Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi. dan jajaran, delegasi dewan juri PIMNAS Ke-34, Forkopimda Sumut dan Kota Medan. Dimeriahkan kehadiran penyanyi ibukota yang tengah naik daun Pamungkas dikenal dengan lagunya “To The Bone”.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *