20 September, Penutupan PON XXI Aceh Sumut Dihadiri Jokowi.

  • Bagikan

Ketua Bidang Acara PON XXI Wilayah Sumut Mahfullah Daulay menjelaskan kesiapan acara penutupan PON XXI Aceh-Sumut.(Foto : Istimewa)

Medan I membaranews.com

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI/2024 Wilayah Sumut memastikan acara penutupan (closing ceremony) PON XXI Aceh-Sumut digelar di Stadion Utama Sumut Sport Centre Desa Sena, Deliserdang, 20 September 2024 dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Acara PON XXI/ Kasatpol Pamong Praja Sumut M Mahfullah Daulay saat konferensi pers di Media Center Utama, di Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin malam (16/9/2024).

Menurut Mahfullah, penutupan PON XXI dimeriahkan penampilan artis ibukota antara lain Denada, Nidji, Marcel, Tritanita, Lebah Begantong, Punxgoaran, Lea Simanjuntak dipandu MC Coki Sitohang dan Astrid Tiar.

Panitia akan mengerahkan 1.200 talent terdiri penari multietnis dari Aceh dan Sumut, paduan suara, marching band IPDN Jatinangor serta band lokal. Juga ada pesta kembang api sebagai penutup, ujar Mahfullah, didampingi Miranti Andrianti dari Event Organizer dan Zulkarnaen Ketua Sub Bidang Upacara Penutupan PON XXI.

Pada cara penutupan dilakukan penurunan seluruh bendera kontingen cabang olahraga PON XXI pada 21 September 2024 di Lapangan Astaka Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing Deliserdang.

Kondisi Stadion Utama Sumut sudah siap digunakan sebagai lokasi acara penutupan 20 September 2024. Seluruh ruas ruangan seperti ruang ganti, tribun tempat duduk sampai toilet sudah difungsikan dengan baik.

Fungsi pencahayaan di dalam stadion dan di luar stadion, diperkirakan sudah 100% berfungsi sudah dilakukan uji lokasi di siang dan malam hari, sebut Mahfullah.

Bidang keamanan ada dua, yaitu VVIP (Presiden) dan VIP (pejabat pemerintahan). Pengamanan di lokasi pelaksanaan dilakukan rekayasa lalu lintas pada hari H dimulai pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk perparkiran disediakan lokasi seluas 300 ha di sekitar stadion, dan cukup untuk ruas-ruas kantong parkir kendaraan.

Stadion Utama berkapasitas 25.750 orang tapi pada acara penutupan kapasitas ditampung sebanyak 11.377 orang dengan formasi di sisi utara, selatan dan barat.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung disediakan spot nonton bareng di luar stadion dengan fasilitas real time live streaming yang dapat ditonton melalui layar videotron dengan posisi kursi yang nyaman,ujar Mahfullah.

Akses masuk masyarakat umum hendak menyaksikan langsung acara penutupan dapat melalui e-ticketing atau datang secara langsung ke lokasi stadion dengan mendapatkan akses gratis berupa gelang di loket-loket telah disediakan di spot loket tiket.

Pembukaan stadion dimulai pukul 15.00 WIB bertujuan agar menghindari kerumunan secara mendadak saat memasuki area dalam stadion,ujarnya.(Rul/R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *