Dinkes Pacitan Keluarkan Peringatan Dini Virus MPOX/Monyet.

  • Bagikan

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Dr.Daru Mustikoaji.(Foto : Istimewa)

Pacitan I membaranews.com

Meningkatnya kasus MPOX ( Monkeypox) yang sudah menyebar dibeberapa daerah di Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mengeluarkan peringatan dini terkait pencegahan dan penanganan MPOX (Monkeypox).

Langkah ini diambil untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang dapat menular dari hewan ke manusia.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Dr. Daru Mustikoaji,M.Kes mengingatkan masyarakat lebih waspada dan melakukan tindakan pencegahan. Edukasi mengenai MPOX sangat penting terutama di daerah yang berisiko,kata Dr.Daru Senin (05/09/2024).

“MPOX merupakan penyakit yang disebabkan oleh Monkeypoxuirus (MPXV) . Penyakit ini dapat bersifat ringan dengan gejala yang berlangsung 2 – 4 minggu hingga dapat berkembang menjadi berat hingga kematian,”sebut Daru.

Dinas Kesehatan menghimbau kepada masyarakat terkait gejala MPOX yang meliputi demam, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala tersebut.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga menggalakkan program sosialisasi mengenai cara pencegahan seperti menjaga kebersihan diri, menghindari kontak dengan hewan yang terinfeksi dan selalu menggunakan masker saat berada di keramaian.

Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan masyarakat Pacitan dapat terhindar dari risiko penularan MPOX dan tetap menjaga kesehatan. Mari bersama-sama kita waspadai dan cegah penyebaran penyakit ini, tandasnya. (Pram)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *