Media Gathering Persiapan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pacitan.

  • Bagikan

Pacitan I membaranews.com

KPU Kabupaten Pacitan, Jawa Timur menggelar media gathering untuk sukseskan Pilkada dengan agenda Persiapan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2024,Sabtu (21/09/2024).

Bertempat di Kantor KPU Pacitan Media Gathering menjadi ajang diskusi, karena antara KPU dan pers adalah mitra untuk mejadikan media sebagai sosial kontol dan ajang sosialisasi setiap tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat

Secara detail, Anang Ma’ruf, Komisioner KPU Kabupaten Pacitan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan, pihaknya terus bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pacitan untuk terus melakukan perekaman e-KTP bagi warga Pacitan.

“Prinsipnya, semua warga Pacitan telah memiliki hak pilih harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk menentukan pemimpin Pacitan 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Untuk itu kata Anang, bersama Dukcapil dan Bawaslu, pihaknya terus jemput bola melakukan perekaman e-KTP.

Kami terus turun ke lembaga pendidikan dan desa-desa untuk jemput bola melakukan perekaman e-KTP, ujarnya.

Anang menjelaskan, pihaknya mengejar perekaman e-KTP bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun ke atas dan pendataan bagi TNI dan Polri yang telah masuk masa pensiun sehingga memiliki hak memilih.

Bila dibandingkan dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden kemarin, DPT Kabupaten Pacitan mengalami penurunan.

Pemilu 14 Februari lalu, DPT Kabupaten Pacitan 472.780 pemilih. Sedangkan DPT Pilkada Serentak 2024 berjumlah 469.321 pemilih.

Agus Susanto, Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis Penyelenggara mengatakan, berdasarkan proses dilalui yaitu Pencocokan dan Penelitian (coklit), memang DPT Kabupaten Pacitan mengalami penurunan.

“Itu terjadi karena ada perpindahan penduduk, kematian dan kurangnya pertambahan jumlah pemilih dari TNI dan Polri telah memasuki purna tugas.

Yang jelas setiap kegiatan, kami (KPU Pacitan) selalu berdasarkan SOP telah ditetapkan dan peraturan berlaku,”ucapnya. (Pram).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *