Hari Jantung Sedunia, Dinas Kesehatan Pacitan Launching Posbindu Institusi dan Sosialisasi Detak – C.

  • Bagikan

Plt Kadis Kesehatan Pacitan menyampaikan pengarahan pada Launching Posbindu Institusi dan Sosialisasi Detak-C.(Foto : Istimewa)

Pacitan I membaranews.com

Dalam rangka Hari Jantung Sedunia 2024 Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mengadakan Launching Posbindu Institusi dan Sosialisasi Detak – C dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular (PTM) bersifat promotif dan preventif seperti Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM).

PTM dapat dilaksanakan seluruh masyarakat diantaranya masyarakat di Lingkungan OPD, Kecamatan dan Puskesmas – Puskesmas yang ada di Kabupaten Pacitan.

“Tujuan utama kegiatan Launching Posbindu Institusi untuk meningkatkan peran serta pihak Kecamatan dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM khusus di Wilayah Kecamatan Punung,”kata Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Pacitan Drg Nur Farida dalam sambutannya, Kamis (05/09/2024).

Camat Punung Pudji Hariyanto mengatakan, dengan digelarnya Launching Posbindu Institusi di kecamatan Punung sebagai upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) sejak dini dan peran serta masyarakat dibutuhkan

“Jadi bukan hanya pemerintah daerah dan Puskesmas berperan aktif namun masyarakat juga turut andil untuk cegah diri Penyakit Tidak Menular (PTM) di lingkungan masing-masing.

Camat mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan mengelar Launching Posbindu Institusi di Kecamatan Punung.

Selain Launching Posbindu Institusi juga digelar Sosialisasi Aplikasi Detak – C sebagai upaya untuk mengenali faktor risiko serangan jantung sejak dini. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengenali gejala penyakit jantung dan bisa segera laporkan gejala,

“Nanti Pihak Rumah Sakit melalui Poli Jantung serta masyarakat bisa memantau data kesehatan serta pengingat minum obat dan jadwal kontrol dokter dengan mengunakan Aplikasi Detak C,”sebut dr. Ike Dyah Ayu Pambayun, Sp. JP. Dokter Spesialis Jantung RSUD dr Darsono Pacitan.

Launching Posbindu Institusi dilakukan secara simbolik oleh Plt Sekretaris Dinas Kesehatan bersama Camat Punung dilanjutkan pemeriksaan kesehatan.(Pram)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *