Tradisi Mogang, Harga Daging Rp.170.000 per Kilo Di Pasar Ujung Kubu

  • Bagikan

membaranews.com (Batu Bara)

 

Pasar Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara,Minggu pagi (11/4/2021) pukul 06. 00 Wib sudah dipenuhi para pedagang menjual daging. Inilah tradisi Mogang menjelang masuknya bulan puasa Ramadhan di Kabupaten Batu Bara.

Daging kerbau di jual para pedagang di pasar dengan harga Rp.150.000 hingga Rp.170.000 per kilo.

Meski harga tergolong tinggi di masa pandemi Covid-19, permintaan pasar semakin meningkat. Jualan daging merupakan salah satu tradisi masyarakat melayu pesisir Batu Bara yang dikenal dengan Mogang,kata H.Muhammad Kholil warga Ujung Kubu Kec.Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara.

H. Kholil (85) mengatakan, ada tradisi Mogang yang dilakukan masyarakat melayu pesisir Batu Bara sabagai kebiasaan menyambut dua hari sebelum datangnya bulan suci Ramadhan.

Biasanya dalam penyembelihan kerbau atau dikenal Mogang dilakukan masyarakat pada pukul 01.00 Wib dinihari.

Tradisi mogang merupakan kebiasaan, adat istiadat dari nenek moyang yang dulu sudah melaksanakan tradisi ini.

Saat penyembelihan bukan hanya pemilik kerbau yang menyaksikan juga masyarakatikut menyaksikan serta gotong royong dalam penyembelihan kerbau, ujar Kholil.

Kalau di zaman sekarang pemilik kerbau adalah pengusaha untuk dijual kembali ke pasar, kalau pada zaman dulu pemilik kerbau keturunan raja yang memiliki harta banyak yang ingin berbagi kepada warga,ungkap Kholil.(Zul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *