Tapsel Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-39 Sumut Dipenuhi Kesuksesan dan Prestasi.

  • Bagikan

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) patut berbangga karena daerahnya sukses menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 berlangsung 20-28 Juni 2024.

Berakhirnya perhelatan MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut di penuhi dengan prestasi dan kesuksesan,” ujar Bupati Tapsel Dolly Pasaribu saat menghadiri penutupan MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut di Gedung Astaka MTQ Desa Tolang Kecamatan Sipirok, Jumat malam (28/06/2024).

Bupati Dolly Pasaribu mengatakan, kesuksesan Tapsel sebagai tuan rumah MTQ Ke-39 terlihat dari berbagai aspek. Pertama, pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan tertib karena itu semua berkat kerja keras panitia dan dukungan semua pihak.

Kedua, MTQ diikuti 1.332 peserta dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Itu menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap syiar Islam.

Ketiga, perhelatan MTQ Ke-39 juga dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti pawai taaruf, pameran kaligrafi dan ceramah agama, sehingga banyak masyarakat hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Selain sukses sebagai tuan rumah, Tapsel juga patut berbangga dengan prestasinya yang masuk 10 besar dengan menduduki peringkat ke 9 dengan nilai 14 dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut.

“Prestasi ini menunjukkan kemajuan pesat pembinaan qari dan qariah di Tapsel serta menjadi bukti bahwa daerah ini memiliki potensi besar dalam mencetak qari dan qariah berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional,” ungkap Dolly.

Disamping itu, Tapsel juga telah menjadi sejarah karena dua kali berturut-turut menerima penghargaan Kecamatan Terbaik se-Sumut. Dua kecamatan yakni Kecamatan Batang Toru di tahun 2022 dan Kecamatan Sipirok tahun 2023.

Sedangkan di tahun 2024 ini Kecamatan Sipirok dipercaya menjadi tuan rumah MTQ Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel dan juga tuan rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut, ucap Bupati.

Sementara pemenang MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 yaitu peringkat pertama diduduki Kota Medan dengan nilai 91, peringkat kedua Kabupaten Deli Serdang dengan nilai 39 dan peringkat ketiga Kabupaten Langkat dengan nilai 38.

Dolly mengatakan, MTQ Ke-39 ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi membaca Al-Qur’an, namun menjadi momen penting untuk menyebarkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Sumut.

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Sumut Muhammad Arman Efendy Pohan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tapsel atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyukseskan acara tersebut.

Pj Gubernur Sumut berharap MTQ dapat menjadi momentum untuk meningkatkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Sumut.

Pj Gubernur juga menyampaikan rasa bangga atas kesuksesan Tapsel menjadi tuan rumah MTQ Ke-39. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tapsel yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan MTQ.

Pj Gubernur berharap, MTQ ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat Tapsel baik dari segi perputaran ekonomi, promosi produk lokal dan pariwisata maupun pengembangan sumber daya manusia.

MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 di Tapsel telah resmi berakhir dan meninggalkan kesan mendalam serta kenangan indah bagi semua pihak yang terlibat, ucap Pj Gubernur.

Semoga semangat MTQ Tahun 2024 ini dapat terus terjaga dan membawa manfaat bagi kemajuan syiar Islam di daerah Tapsel. (Borneo/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *