Tanggul Sungai Dalu-Dalu Rusak, Pj. Bupati Batu Bara Janjikan Perbaikan Segera

  • Bagikan
Pj. Bupati Batu Bara meninjau langsung tanggul sungai Dalu-dalu yang rusak, temui para petani terdampak. (Ist)

Batu Bara | membaranews.com

Merespon keluhan warga, terutama petani, Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP., meninjau kondisi tanggul Sungai Dalu-Dalu di Desa Suka Raja, Kecamatan Air Putih, Sabtu (13/07/2024).

Pj. Bupati Heri hadir bersama Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Ketua DPRD Safi’i, Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, Asisten dan Kepala OPD, serta Kabid IKP Diskominfo Akhsanul Rizqy Harahap, dan unsur masyarakat lainnya untuk memantau langsung kerusakan tanggul Sungai Dalu-Dalu dan Bendungan Cinta Maju.

“Hari ini kami turun langsung untuk meninjau kondisi tanggul dan bendungan yang rusak. Kami prihatin dengan kondisi petani yang sudah 18 bulan tidak bisa menanam padi,” ungkap Pj. Bupati Heri.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Heri menyampaikan bahwa Pemkab Batu Bara telah menggelar rapat dan mengajukan permohonan ke Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara.

“Terkait pecahnya tanggul Sungai Dalu-Dalu ini merupakan tanggung jawab bersama. Kewenangan pemerintah daerah sudah diatur dalam Peraturan Menteri PUPR Tahun 2015, di mana kewenangan ini adalah kewenangan provinsi,” lanjutnya.

Usaha perbaikan tanggul yang dilakukan Forkopimda dan stakeholder mendapat respon cepat dari Pj. Gubernur Sumatera Utara. Pj. Bupati Heri mengungkapkan bahwa anggaran untuk perbaikan akan direalisasikan oleh Dinas PUPR pada bulan ini.

“Melalui Kepala Dinas PUPR, anggarannya akan direalisasikan pada bulan Juli ini. Tanggal pastinya belum ditentukan, tapi yang pasti pada bulan Juli ini,” ungkap Pj. Heri.

Kehadiran Pj. Bupati dan rombongan diharapkan dapat membawa solusi bagi para petani dan masyarakat yang terdampak, sehingga aktivitas pertanian bisa kembali berjalan normal. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *