Santri Pesantren Darul Mursyid Kembali Raih Prestasi pada Hong Kong International Mathematical Olympiad 2024.

  • Bagikan

Para santri Pesantren Darul Mursyid peraih medali pada HKIMO 2024. (Foto : Istimewa).

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara kembali menorehkan prestasi olimpiade tingkat internasional pada ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Tahun 2024.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Arjun Arifin Lase mengatakan, HKIMO merupakan kompetisi olimpiade internasional tahunan diselenggarakan oleh Olympiad Education dari Hong Kong dan dikembangkan oleh tim mantan pemenang IMO dari Hong Kong.

HKIMO sendiri bertujuan untuk menciptakan platform bagi semua penggemar Matematika di seluruh dunia untuk berkumpul bersama dalam pertukaran pendidikan dan budaya.

Tujuan HKIMO adalah untuk menumbuhkan minat siswa terhadap olimpiade Matematika dan mempromosikan olimpiade Matematika ke seluruh dunia.

Tahun ini kata Arjun, panitia HKIMO mengundang 21 wilayah/negara, seperti Indonesia, India, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Taiwan, Thailand, Hong Kong, Kyrgyzstan, Filipina, Australia, Kazakhstan, Ukraina, Kamboja, Vietnam, Singapura, China, Iran, Sri Lanka, Laos dan Dhaka Bangladesh untuk berpartisipasi.

“Alhamdulillah, pada pelaksanaan final HKIMO 2024 dilaksanakan secara offline di Hong Kong 23-24 Agustus 2024 berjalan dengan baik dan menghasilkan prestasi memuaskan bagi Pesantren Darul Mursyid,” ucap Arjun, Senin (02/09/2024).

Rincian santri peraih prestasi yakni Hikmahanto Martabe meraih medali Perunggu, Tengku Ahmad Zakaria, Muhammad Arya, Bintang Arya dan Aldi Pebriansyah masing-masing meraih Merit Award.

“Terima kasih atas segala doa dari kita semua untuk kesuksesan ananda kita ini,” tutur Arjun.

Hikmahanto Martabe sebagai peraih medali Perunggu HKIMO 2024, merasa bersyukur atas capaian prestasi ini.

“Mohon doa dan dukungannya semoga saya bisa konsisten dan tetap terus mendapatkan prestasi lagi pada ajang olimpiade-olimpiade bergengsi lainnya,” ujar Hikmahanto.

Direktur PDM Drs Yusri Lubis sangat mendukung atas upaya para guru pembimbing dan santri untuk terus konsisten dalam hal pencapaian prestasi pada ajang HKIMO ini.

Menurut Yusri, tingkat persaingan yang semakin tinggi pada HKIMO justru harus menjadi tantangan baru bagi Pesantren Darul Mursyid untuk mencetak para juara sains yang siap untuk berlomba pada level dunia.

“Semoga kita terus mengukir sejarah dengan menjadi santri berprestasi dan memiliki karakter yang baik,” ucap Yusri.

Yusri mengutarakan, prestasi yang baik harus juga didukung dengan karakter yang baik agar kelak hidup bisa berimbang antara ilmu pengetahuan dan keimanan.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku pengelola PDM, mengaku sangat bersyukur atas upaya para guru dan santri yang selama ini bersusah payah untuk meraih prestasi.

“Semoga bisa konsisten,” ujar Jafar.

Jafar juga salah satu penasehat Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara (BSPSU) ini menyampaikan,.sebuah harapan sangat besar sekali kepada semua pengasuh dan pembina di Pesantren Darul Mursyid untuk terus mendukung dan membina santri dengan baik.

“Kita tidak akan pernah berhenti untuk mengejar prestasi asal masih bisa dijangkau. Lanjutkan untuk kemajuan umat Islam dan bangsa,” tutur Jafar alumni S3 USM Malaysia itu. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *