Pesantren Darul Mursyid Rayakan Hari Santri 2024 dengan Semangat Berprestasi.

  • Bagikan

Upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Darul Mursyid berlangsung hikmat, Selasa (22/10/2024). (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara merayakan Hari Santri Nasional Tahun 2024 dengan semangat berprestasi.

Seluruh santri, guru dan karyawan melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Selasa (20/10/2024) sebagai bentuk penghormatan terhadap para santri yang telah berjuang untuk bangsa.

Kepala Divisi Humas dan Pemberdayaan Umat PDM Asep Safa’at Siregar menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Santri 2024 diawali dengan sholat Dhuha berjamaah diikuti seluruh santri dan guru. Kemudian dilanjutkan dengan upacara Hari Santri juga diikuti seluruh santri, guru dan karyawan Pesantren Darul Mursyid dengan pembina upacara Direktur PDM Yusri Lubis.

Asep menyebutkan, kegiatan peringatan Hari Santri di Pesantren Darul Mursyid merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun dengan diwarnai beberapa lomba, seperti public speaking, tahfidz dan lomba kreatif lainnya.

“Hal ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan memperkuat nilai-nilai keislaman,” ucap Asep.

Direktur PDM Yusri Lubis dalam tausiahnya menyampaikan pentingnya menjaga semangat santri dalam berprestasi. Sebab santri yang berprestasi akan menjadi pengukir sejarah dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan di negeri tercinta ini.

Hari Santri Nasional kata Yusri, mengingatkan akan jasa para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Sebagai generasi muda, kita harus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara meraih prestasi. Karena itu santri harus belajar dengan sungguh-sungguh dan berakhlak mulia,” tutur Yusri.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku pengelola PDM, menyampaikan apresiasi pada moment Hari Santri Nasional Tahun 2024 ini.

Jafar juga salah satu penasehat Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara (BSPSU) ini mengutarakan, Hari Santri Nasional bukan hanya tentang perayaan tetapi juga kesempatan untuk merenung nilai-nilai keagamaan dan menerapkannya dalam kehidupan.

“Kami berharap para santri dapat mengambil hikmah dari setiap perjuangan dan kerja keras dalam menggali dalamnya ilmu pengetahuan,” ujar Jafar.

Pada kesempatan ini Jafar mengucapkan selamat kepada para santri Pesantren Darul Mursyid yang sudah banyak menyumbang prestasi sains dan berharap prestasi itu dapat menginspirasi santri lainnya.

“Sehingga Pesantren Darul Mursyid bisa menjadi rujukan dalam meningkatkan peran pesantren sains di Indonesia,” tutur Jafar alumni S3 USM Malaysia itu. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *