Pemkab Batu Bara Percepat Perbaikan Tanggul Sungai Dalu-Dalu yang Kritis

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Batu Bara Norma Deli Siregar, bahas perbaikan tanggul sungai Dalu-dalu bersama Pemprov Sumut. (Ist)

Batu Bara | membaranews.com

Pemkab Batu Bara mengambil langkah cepat untuk menangani perbaikan tanggul Sungai Dalu-Dalu yang hampir jebol.

Rencana penanganan ini dibahas dalam rapat di Aula Kantor Bupati, Rabu (10/07/2024), dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Norma Deli Siregar.

Selain perbaikan tanggul Sungai Dalu-Dalu, rapat juga membahas rencana perbaikan pintu Bendungan Sungai Cinta Maju/Cinta Damai serta normalisasi Sungai Gambus.

Perbaikan tanggul dianggap mendesak karena kondisi kritis tanggul yang hanya tersisa beberapa meter akibat seringnya hujan belakangan ini. Jika tidak segera ditangani, tanggul bisa jebol dan menyebabkan banjir besar di Desa Suka Raja.

Rapat juga menggarisbawahi perlunya normalisasi Sungai Dalu-Dalu di Dusun Jati Desa Tanah Tinggi, dengan pengerukan sungai agar saluran air ke sawah di Desa Suka Raja kembali normal.

Sekda Norma Deli Siregar menjelaskan bahwa Pemkab Batu Bara telah berupaya keras untuk menyelesaikan masalah ini, termasuk dengan menurunkan alat berat dan meminta bantuan CSR dari perusahaan-perusahaan di Batu Bara.

Sekda Norma Deli Siregar juga menanyakan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk merealisasikan perbaikan tanggul Sungai Dalu-Dalu, pintu bendungan Cinta Damai, jaringan irigasi di Tanjung Muda, dan tebing Sungai Pare-Pare yang sudah lama diajukan.

Menurutnya, jika masalah ini tidak segera diselesaikan, maka dapat menyebabkan banjir dan kekeringan yang merugikan masyarakat.

Pemkab Batu Bara meminta bantuan awal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berupa pondasi cerucuk dari batang pohon kelapa dan sand bag (kantong pasir) untuk perbaikan tanggul Dalu-Dalu.

Kepala UPTD PUPR Tanjung Balai Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Zivo Madresty, menjelaskan bahwa desain perbaikan tanggul sudah selesai dan dana akan segera dikucurkan tahun ini.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Asisten 2 Bambang, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provsu Zulham, Kepala UPT Dinas Sosial Provsu Evi Zarnita, Kadis Sosial, Kadis Kominfo, Kepala BPBD, Camat Lima Puluh, Camat Air Putih, Kades Suka Raja, Kades Simpang Gambus, dan Kades Cinta Damai. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *