Kepala Dinas Kominfo Minta KPID Dorong Lembaga Penyiaran Bermartabat

  • Bagikan
Kepala Dinas Kominfo

membaranews.com (Medan)

 

Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar menghadiri FGD Temuan Hasil Pengawasan Isi Siaran KPID Sumut untuk Triwulan I di Aula KPID Sumut Jalan Adinegoro No. 7 Medan, Kamis (22/4/2021).

Kadis Kominfo didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sumut Abdul Aziz Batubara mengapresiasi agenda rutin ini sebagai upaya dalam rangka memberikan dampak positif bagi perkembangan penyiaran di Sumut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kami menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada KPID Sumut yang telah menginisiasi kegiatan ini,” ucap Irman.

FGD merupakan mekanisme yang dipilih oleh KPID Sumut sebelum menjatuhkan sanksi kepada lembaga penyiaran yang melanggar. Baik itu jasa penyiaran televisi maupun radio. Baik siaran lokal maupun siaran nasional berjaringan.

“Sesuai dengan Pasal 8 Ayat (2) huruf d UU Penyiaran yang berbunyi, dalam menjalankan fungsinya KPI mempunyai wewenang: ‘memberikan sanksi terhadap pelanggaran peraturan dan pedoman perilaku penyiaran serta standar program siaran’. Begitupula dengan “amanat PKPI No. 1 Tahun 2014 Pasal 4 Ayat (3) tentang Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Isi Siaran,” kata Ketua KPID Sumut Mutia Atiqah.

Menurut Wakil Ketua Muhammad Syahrir, sejumlah hasil survei menunjukkan tv masih mendapatkan tempat di hati masyarakat lintas generasi, meski memang bersaing ketat dengan keberadaan media baru.

“Untuk itu, program siarannya harus tetap diawasi. Agar isi siaran tetap informatif, edukatif dan memberikan hiburan yang sehat. Artinya tuntunan bukan sekadar tontonan, sesuai dengan amanat Pasal 4 Ayat (1) UU Penyiaran,” ujarnya.

Irman berharap KPID Sumut sebagai Lembaga Negara Independen di bidang Penyiaran terus mendorong pengusaha tv dan radio lokal untuk menghasilkan siaran yang bermartabat.dan mencerdaskan kehidupan masyarakat Sumut.

Dalam FGD hadir Komisioner Ramses Simanullang selaku Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran. (Rel/Rul)

Foto :

Kepala Dinas Kominfo Irman Oemar menghadiri FGD Temuan Hasil Pengawasan Isi Siaran KPID Sumut.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *