Kementerian Perdagangan Bangun SRG Di Batu Bara

  • Bagikan

membaranews.com (Batu Bara)

 

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga beserta rombongan berkunjung ke Kabupaten Batu Bara membahas.tindak lanjut potensi pelaksanaan sistem resi gudang (SRG).

Wakil Menteri Perdagangan Bupati Batu Bara Zahir didampingi Ketua DPRD M. Safi’i, di Aula Rumah Dinas Bupati,Komplek Tanjung Gading, Jumat (9/4/2021)

Wakil Menteri Perdagangan dipakaikan kain songket dan tengkuluk khas Batu Bara.

Bupati Zahir mengapresiasi atas kedatangan Wakil Menteri Perdagangan di Kabupaten Batu Bara karena membawa keuntungan bagi masyarakat Batu Bara.

Kabupaten Batu Bara merupakan daerah memiliki potensi dibidang Industri,pertanian dan perikanan yang luar biasa.

Namun Zahir menyayangkan besarnya hasil pertanian dan perikanan tapi tetap saja para petani dan nelayan belum sejahtera dikarenakan salah satunya adanya tengkulak.

Ditambah pasar untuk berjualan belum memenuhi kapasitas dengan baik, belum ada tempat penyimpanan hasil pertanian dan perikanan yang memadai,ucap Zahir.

Zahir berharap, kedatangan bapak Wamen Perdagangan maka permasalahan di bidang pertanian, perikanan dan pasar dapat memberi solusi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, ungkap Zahir.

Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, rencana pembangunan Sistem Resi Gudang (SRG) Kabupaten Batu Bara meliputi beras, cabai, ikan hasil laut melalui Anggaran Kementerian Perdagangan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2022.

Potensi SRG di Batu Bara pantas didukung, dengan komoditi beras untuk kegiatan Food Station yang direncanakan akan dibangun di Desa Kuala Gunung Kecamatan Datuk Limapuluh, ujar Jerry.

Selain itu, SRG ikan dalam bentuk Cold Storage yang direncanakan akan dibangun di Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram, pembangunan Pasar Induk yang terintegrasi sektor terkait lainya di Kecamatan Tanjung Tiram melalui Program Kegiatan/Anggaran Kegiatan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tahun 2022.

Resi Gudang merupakan instrumen memberdayakan petani, dimana komoditi yang dihasilkan mampu memberikan nilai ekonomis dalam bentuk nilai penjamin dapat dipergunakan untuk memperoleh kredit dari bank dan lembaga keuangan non bank.

Kalau dilihat potensi komoditas di Kabupaten Batu Bara cukup luar biasa, seperti gabah dan cabe namun kita harus saling bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Bisa kita lakukan pembangunan gudang dan diolah swasta bekerjasama dengan pihak bank,”ujar Jerry.

Sistem Resi Gudang sesuai UU No 9 Tahun 2011. Sistem Resi Gudang salah satu instrumen pembiayaan yang mempunyai kepastian hukum, menjamin dan melindungi kepentingan masyarakat kelancaran arus barang, efisiensi biaya distribusi barang serta mampu menciptakan bidang usaha yang dapat lebih mendukung laju pembangunan nasional.(Zul)

 

Foto :

Bupati Batu Bara Zahir Sambut Wamen Pergangan Jerry Sambuaga Dengan Songket Batu Bara dan Tengkuluk.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *