Dan Lanal TBA Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila.

  • Bagikan

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Widi Dwi Nugraha memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila.(Foto : Kominfotb)

Tanjungbalai I membaranews.com

Pemerintah Kota Tanjungbalai bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 dengan tema ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″ di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmamsdsyah,Sabtu (1/06/2024)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanal TBA Letkol Laut (P) Widi Dwi Nugraha, Komandan Upacara Lettu Laut (E) Hairul Hazazi dan Perwira Upacara Letda Laut Irianto.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Widi Dwi Nugraha membacakan amanat upacara dari Kepala BPIP RI Judian Wahyudi.

Dalam amanatnya , ditegaskan tema ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 ” mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku ,agama ,budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju,mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk ,Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita- cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Didalam Pancasila terkandung nilai- nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas,toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan semangat Pancasila yang kuat ,seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi,sosial dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila fondasi dasarnya”, ujarnya.

Wahyudi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama- sama bergotong- royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai – nilai Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa dikancah dunia.

Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia “, ujarnya.

Rangkaian acara dimulai dengan persiapan oleh Komandan upacara. Dilanjutkan penghormatan upacara kepada Irup ,Pengibaran Bendera Merah Putih,mengheningkan cipta dan pembacaan Teks Pancasila serta Pembukaan UUD 1955.

Upacara dihadiri Pj. Sekda Tanjungbalai, Kapolres Ketua PA, Kepala BNN Kota,mewakili Dandim 0208/AS, mewakili Kajari ,mewakili Ketua PN , Ketua LVRI, Asisten Administrasi Umum Pemko Tanjungbalai,mewakili Ketua KPU ,OPD se- Kota Tanjungbalai.(Rsp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *