Camat Diminta Petakan Pengelolaan Persampahan

  • Bagikan
Persampahan

membaranews.com (Medan)

 

Wakil Wali Kota Aulia Rachman minta seluruh camat segera melakukan pemetaan (mapping) pengelolaan persampahan di wilayah masing-masing.

“Petakan secara lengkap, termasuk kendala-kendala dihadapi di lapangan dalam menangani persampahan,” tegas Wakil Wali Kota didampingi Sekda Wiriya Alrahman.

Pada rapat membahas pelimpahan wewenang persampahan ke kecamatan tersebut,
Camat mengungkapkan kendala selama ini saat menangani persampahan.

Camat menyampaikan berbagai masukan dintaranya kesesuaian personil dan armada angkutan sampah yang diberikan kepada kecamatan dengan luas wilayah, dilibatkannya kecamatan dalam pendataan untuk menentukan target retribusi, tentang jatah BBM armada angkutan disesuaikan dengan jarak kecamatan dengan TPA.

Wakil Wali Kota menekankan para camat tidak ragu dalam melangkah. Jika ada kendala kita diskusikan, kita atasi bersama. ” Saya optimis ini bisa kita lakukan,” ucap Aulia.

Sekda memaparkan hal penting berkaitan pelimpahan sebagian kewenangan pengelolaan persampahan kepada camat sebagaimana diatur Perwal Nomor 18 Tahun 2021.

Pelimpahan kewenangan ini membuat camat bertanggung jawab pada pengangkutan sampah dari rumah ke TPS termasuk terpeliharanya kebersihan kota. Sedangkan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan bertugas dalam pengelolaan TPA.

Dengan pelimpahan ini, harus diikuti penyerahan sumber daya dari Dinas Kebersihan kepada Camat meliputi pembiayaan, prasarana, sarana, dan personil.

“Yang tinggal di Dinas Kebersihan hanya peralatan berkaitan pengelolaan TPA, taman, dan lampu penerangan jalan umum,” sebut Sekda.

Sedangkan pengutipan retribusi dilakukan pihak kecamatan. Namun untuk tahun ini, pencetakan rekening retribusi masih dilakukan Dinas Kebersihan.Baru tahun berikutnya ditangani kecamatan.

Sekda mengingatkan, rekening dicetak setiap bulan dan Camat melakukan verifikasi agar sesuai kondisi lapangan.

“Target retribusi akan dialihkan ke kecamatan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kewenangan yang telah dilimpahkan,” ucap Wiriya seraya mengingatkan para camat bekerja secara terukur agar diperoleh hasil maksimal.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *