Bupati Dolly Ajak Masyarakat Selalu Menjaga Kelestarian Lingkungan.

  • Bagikan

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melakukan penanaman pohon, Selasa (25/06/2024). (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Hal itu disampaikan Bupati Dolly Pasaribu saat membuka agenda penanaman pohon pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di Desa Simarpinggan Kecamatan Angkola Selatan, Selasa (25/06/2024).

Bupati Dolly menyampaikan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus memperingati 50 tahun Konvensi Stockholm. Dimana Konvensi Stockholm telah melahirkan perjanjian Internasional dan kebijakan lingkungan hidup secara global.

“Penyelesaian akar masalah lingkungan harus diselesaikan dengan inovasi yang secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan dan sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan serta inklusivitas,” ujar Bupati Dolly.

Dolly mengatakan, Kabupaten Tapsel dikaruniai alam yang begitu asri, indah dan kaya akan hasil alamnya.

Selaras dengan tema Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan, maka sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga bumi Tapsel agar tetap lestari.

Ini menunjukkan hak dan kewajiban yang melekat pada setiap orang. Artinya setiap orang berhak untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan juga berkewajiban untuk memelihara lingkungan.

“Artinya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi menjadi tanggung jawab semua orang,” ucap Dolly.

Disamping itu Dolly mengungkapkan, selama dua tahun berturut-turut indeks lingkungan hidup di Tapsel termasuk lingkungan yang sehat.

“Meskipun ini menjadi tantangan besar ke kepan karena pada prinsipnya kita hanya meminjam yang nantinya akan dikembalikan kepada anak cucu kita,” sebut Dolly.

Untuk itu Bupati menekankan pentingnya mengedukasi anak sejak dini untuk peduli akan kelestarian lingkungan sebagai generasi penerus.

“Saya sengaja membawa anak saya untuk mengajarkan pentingnya peduli akan lingkungan dan ini menjadi salah satu bentuk kasih sayang kita kepada anak-anak kita,” tutur Bupati.

Kadis Lingkungan Hidup Tapsel Ongku Muda Atas Sormin mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada 5 Juni setiap tahun untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya alam dan penghijauan di bumi.

Tujuan kegiatan ini sebagai wujud kampanye lingkungan hidup, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku warga terhadap pelestarian alam sehingga tercipta kawasan lingkungan yang bersih dan asri di Tapsel.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirangkai dengan kegiatan jalan santai, gerakan bersepeda, jambore lingkungan hidup, lomba pengetahuan lingkungan hidup, lomba menulis serta pameran lingkungan hidup dan kerja bakti bersih lingkungan. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *