Buka MTQ Ke-39, Pj Gubernur : Semoga Dapat Membawa Nama Harum Sumut ke Tingkat Nasional.

  • Bagikan

Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho bersama Bupati Tapsel Dolly Pasaribu menabuh bedug menandai pembukaan MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut 2024. (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pj Gubernur Sumatera Utara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

MTQ diharapkan dapat menghasilkan para juara yang mampu mewakili dan membawa nama harum Sumut pada MTQ Tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Timur.

“Saya turut bangga kepada para peserta MTQ karena merupakan orang pilihan yang ada di Sumut,” ujar Pj Gubernur Sumut Hassanudin diwakili Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho pada pembukaan MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut di Astaka MTQ Kecamatan Sipirok, Sabtu malam (22/06/2024).

Untuk itu Pj Gubernur meminta peserta bersungguh-sungguh dan memberikan penampilan terbaik.

“Karena kegiatan ini merupakan tahap musabaqah awal yang menentukan kandidat terbaik yang nanti akan bertanding dan membawa nama harum Sumut pada MTQ Tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Timur,” ucapnya.

Selain itu, kehadiran MTQ diharapkan dapat menjadi momentum umat Islam menambah kecintaannya pada Al Qur’an.

Masyarakat juga diajak untuk tidak hanya sekedar membaca Al Qur’an, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Al Qur’an harus kita amalkan sebagai pedoman dan petunjuk bagi kita umat Islam,” ajaknya.

Disampaikan juga, MTQ dapat menjadi sumber energi dan motivasi bagi umat Islam untuk senantiasa membumikan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat MTQ tersebut dihadiri banyak masyarakat yang antusias.

“Kita harap generasi Qur’ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta,” sebutnya.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengapresiasi dukungan Pemprov Sumut pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi ini. Bagaimana kesiapan masyarakat Tapsel menjadi tuan rumah, termasuk menyelenggarakan berbagai event percobaan.

“Ketika terbuka kesempatan siapa yang mau jadi tuan rumah, saya yakinkan Tapsel harus ambil peran. Karena pada dasarnya masyarakat Tapsel sudah cukup siap menjadi tuan rumah,” ujar Bupati Dolly Pasaribu.

Maka dilakukan pemanasan, mulai dari Sipirok diutus menjadi perwakilan Tapsel dalam lomba Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut dan berhasil menjadi Juara 1 Terbaik. Kemudian digelar MTQ Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel juga di Sipirok.

MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Sumut diikuti 1.332 peserta dari 33 Kabupaten/Kota. Dilaksanakan selama 9 hari 20-28 Juni 2024.

Pembukaan MTQ ditandai dengan penabuhan bedug oleh Sekdaprov Sumut bersama Bupati Tapsel dan jajaran serta penyerahan piala bergilir dari Sekdaprov Sumut ke Bupati Tapsel yang nantinya akan diperebutkan kembali setelah sebelumnya Kota Medan menjadi juara umum di tahun 2023. (Borneo/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *