Bobby Nasution Hadiri Pelantikan 50 Anggota DPRD 2024-2029.

  • Bagikan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyalami Anggota DPRD Medan 2024-2029 usai pelantikan di gedung dewan.(Foto : Kominfomdn)

Medan I membaranews.com

Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kota Medan terpilih masa jabatan 2024–2029 di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (17/9/2025).

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas IA Khusus Jon Sarman Saragih mengambil sumpah dan janji 50 wakil rakyat tersebut.

Hadir jugabWakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, Konsul Negara Sahabat, sejumlah mantan Wali Kota Medan, seluruh pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan dan camat

Sebelum pengambilan sumpah dan janji dilakukan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta kata pembukaan yang disampaikan Hasyim SE selaku pimpinan Rapat Paripurna.

Setelah itu pembacaan SK Pemberhentian Anggota DPRD Medan periode 2019-2024 dan SK Pengangkatan anggota DPRD Kota Medan periode 2024-2029 oleh Sekretaris Dewan DPRD Kota Medan Muhammad Ali Sipahutar.

Usai pengambilan sumpah dan janji, Ketua PN Medan menyematkan lencana DPRD serta menyerahkan SK secara simbolis kepada empat anggota DPRD Medan. Acara dilanjutkan dengan penetapan Wong Chun Sen dari PDIP sebagai Ketua DPRD Medan,sedangkan Syaiful Ramadhan dari PKS sebagai Wakil Ketua Sementara.

Bobby Nasution dalam sambutannya membacakan pidato tertulis Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kota Medan yang telah dilantik, menandai puncak dari seluruh rangkaian proses Pemilihan Umum yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu.

“Kita patut untuk berbangga bahwasannya bangsa Indonesia dapat membuktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sehingga dapat melaksanakan 13 kali Pemilihan Umum yang berjalan dengan relatif tertib dan lancar,” kata.

Atas nama Pemerintah, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia telah menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemungutan suara serta kepada semua pihak penyelenggara Pemilu KPU, Bawaslu, DKPP, Pemerintah Daerah, aparat keamanan, media, dan masyarakat telah berkolaborasi untuk menyukseskan Pemilu secara demokratis, lancar, dan damai.

Bobby menekankan tentang kedudukan strategis DPRD dalam kerangka Pemerintahan Daerah. DPRD merupakan bagian integral dari Pemerintahan Daerah dan bermitra sejajar dengan Kepala Daerah.

Anggota DPRD harus tetap mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau golongan.

“Pentingnya anggota DPRD untuk memahami tiga fungsi utama DPRD yaitu fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Perda), fungsi penyusunan anggaran, dan fungsi pengawasan. Saya mengajak anggota DPRD untuk selalu memastikan bahwa Perda yang dibuat harus berdasarkan aspirasi dan kebutuhan rakyat, serta mampu memecahkan masalah, bukan menambah masalah,” ungkapnya.

Kepada anggota DPRD Kota Medan masa jabatan 2019-2024,Bobby mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan jasa-jasa telah didedikasikan selama ini.(Rul/R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *