PB PON XXI Sumut Komitmen Bereskan Kelancaran Distribusi Konsumsi 300 Ribu Kotak.

  • Bagikan

Kepala Bidang Konsumsi PB PON XXI 2024 Wilayah Sumut Dedi Jaminsyah Putra Harahap bersama Ketua Bidang Konsumsi Panwasrah PON XXI Wilayah Sumut Kolonel CKM Purn DRH Moch Nurhadi menggelar Konferensi Pers di Media Center PON XXI, di Hotel Santika Medan.(Foto : Istimewa)

Medan I membaranews.com

PB PON XXI 2024 Wilayah Sumut berkomitmen untuk memastikan kelancaran distribusi konsumsi ke venue pertandingan sudah lancar. Termasuk melakukan mitigasi sekaligus merespons cepat berbagai permasalahan di lapangan.

“Kami harus menjalankan ini sesuai aturan, karena ini uang rakyat yang kami kelola. Kami sadar masih banyak kekurangan dan tidak bisa menghambat orang untuk mengkritik. Mohon maaf apabila ada kendala dan kesalahan,” kata Kepala Bidang Konsumsi PB PON XXI /2024 Wilayah Sumut Dedi Jaminsyah Harahap dalam konferensi pers di media center hotel Santika Medan, Sabtu malam (14/9/2024)

Dedi mengakui dalam pelaksanaan PON XXI di Sumut untuk bidang konsumsi, selalu mengingatkan penyedia (vendor) tidak lengah sedikitpun terutama soal kualitas dan ketepatan waktu distribusi makanan ke seluruh venue.

Meskipun dalam persiapannya, Kepala Biro Umum Setdaprov Sumut ini mengimbau kepada pemenang tender untuk melibatkan sejumlah UMKM untuk memperlancar hal tersebut.

“Vendor ada tetapi kita berusaha memberdayakan juga UMKM untuk memasok pangan sehingga pelaksanaan PON membawa dampak baik pada Sumut dan pelaku UMKM tidak menonton saja,” katanya.

Menurut Dedi, setiap kesalahan tetap menjadi catatan penting untuk evaluasi dan perbaikan agar tidak ada keluhan atau protes dari pihak-pihak menerima konsumsi. Bahkan untuk memastikan prosesnya berjalan sesuai aturan, pihaknya mendampingi Menpora Dito Ariotedjo meninjau dan mencicipi langsung menu makanan di lokasi pengemasan.

Apa saja kesalahan fatal yang terjadi, kita sudah ambil tindakan dengan memberikan surat peringatan pertama kepada pemenang tender. Kalau tidak diselesaikan, tidak kita bayar atau putus kontrak, tegas Dedi.

Dedi tak menampik keterlambatan pernah terjadi dan mengecewakan berbagai pihak. Mengingat jumlah yang harus disiapkan sangat besar, dan itu tidak mudah.

Ada 309.882 kotak menu sarapan, makan siang dan makan malam terdistribusi. Ditambah 177.657 kotak kue (makanan ringan), dimana ada dua kali pembagian dalam sehari.

Tetapi itu bukan menjadi pembenaran dan pembelaan diri. Kita sudah tegaskan semua sesuai SOP, jangan ada yang main-main.Untuk mengatasi kendala ini, kita sudah menambah unit kendaraan operasional lapangan, kemudian menambah jumlah SDM hingga mempercepat waktu keberangkatan agar distribusi makanan tepat waktu,ujarnya.

Pihaknya terus melakukan mitigasi dalan proses distribusi konsumsi dan prosesnya satu pintu supaya penyediaan sesuai jumlah kebutuhan berdasarkan daftar yang ada.

Tim Tenaga Ahli Bidang Konsumsi PB PON XXI Sumut, HM Johari Lubis mengimbau semua pihak turut mendukung suksesnya pelaksanaan PON XXI. Pihaknya tidak ingin memberikan justifikasi (menghakimi) setiap kesalahan namun tetap ada laporan disampaikan setiap pekan.

Ketua Bidang Konsumsi, Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumut Kolonel CKM Purn DRH Moch Nurhadi mengatakan, kendala terjadi pada saat distribusi makanan, adalah faktor cuaca hujan khusus Kota Medan sekitarnya.

Untuk mengatasi itu, pihaknya telah meminta agar panitia pelaksana untuk mempersiapkannya dan melakukan pengiriman lebih awal. Sebagaimana persiapan yang telah dilakukan jauh sebelum pertandingan dimulai. Hal itu agar bisa memperkecil kesalahan, mengingat PON tinggal sepekan lagi sebelum penutupan 20 September 2024 di Stadion Utama Sport Center Sumut.(Rul/R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *