Bobby Nasution Ikut Rakor Pilkada Serentak. Menkopolhukam : Sinergitas Kunci Stabilitas.

  • Bagikan

Bobby Nasution bersama kepala daerah lainnya mengikuti Rakor Pilkada Serentak 2024 dipimpin Menkopolhukam Hadi Tjahjanto.(Foto : Kominfomdn)

Medan I membaranews.com

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera digelar Kemenko Polhukam RI di Regale International Convention,Selasa (9/7/2024).

Rakor untuk menyatukan pemahaman dan tindakan serta membangun sinergitas agar pilkada serentak berjalan aman dan lancar sesuai ketentuan.

Saat membuka Rakor
diikuti antara lain oleh penyelenggara Pilkada, kepala daerah, unsur Forkopimda, tokoh agama, adat, dan masyarakat wilayah Sumatera , Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan, kunci stabilitas politik, hukum dan keamanan pada Pilkada serentak adalah sinergitas unsur penyelenggara Pilkada pemerintah daerah, TNI/Polri, media, partai politik dan pasangan calon.

Hadi menekankan KPU dan Bawaslu harus on the track menjalankan tugas pokok dan fungsi dan kewenangannya menjaga netralitas dan menjamin hak pilih rakyat.

Menko juga menekankan vitalnya dukungan Pemda berupa ketersediaan anggaran, sarana prasarana dan fasilitas pendukung lainnya.

Tanpa adanya dukungan anggaran saya pikir Pilkada juga akan terhambat,” ujar Hadi dalam Rakor menghadirkan narasumber antara lain Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Plt Ketua KPU RI Afifuddin, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Kepala Badan Siber Sandi Negara Hinsa Siburian.

Menko mengingatkan, keamanan dan ketertiban, TNI/Polri juga mesti menjaga netralitas selama kontestasi berlangsung. Dia mengharapkan parpol dan paslon mengikuti semua proses pemilihan dengan baik, tidak curang, dan mengikuti aturan perundangan-undangan yang berlaku.

Tak kalah penting, peran media, pers untuk memastikan pemberitaan Pilkada yang akurat, berimbang, tidak hoaks, ujar Menko.

Menko mengungkapkan, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dan masyarakat tidak gampang terpengaruh berita-berita hoaks dan isu pecah belah yang dapat merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

Lewat sinergitas komponen bangsa dan saya percaya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 berjalan sukses,ujar Hadi.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *