Warga Tebing Tinggi Antusias Mengikuti Imunisasi Polio

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Muhamamad Dimiyathi bersama isteri menyaksikan tetesan polio kepada anak di Kelurahan Lalang.(Foto : Istimewa)

Tebingtinggi | membaranews.com

 

Warga Tebing Tinggi antusias membawa anaknya berusia 0-59 bulan mengikuti imunisasi polio pada Launching Sub PIN Polio Tahun 2023.

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi meninjau launching pemberian imunisasi di Kantor Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan, Senin (13/02/2023).

Berdasarkan data dari petugas , 136 anak mengikuti imunisasi perdana di Kelurahan Lalang. Ini menunjukkan warga Kota Tebing Tinggi tidak merasa cemas untuk mengikutkan anaknya dalam imunisasi Sub PIN Polio.

Pj. Wali Kota Muhamamd Dimiyathi mengatakan, pemberian imunisasi dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyebaran polio yang terjadi di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

“Kegiatan imunisasi polio untuk mencegah terjadinya penyebaran polio di Indonesia karena di Aceh sudah ditetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) Polio”,ujar Dimiyathi.

Pj. Wali Kota minta Dinas Lesehatan, Camat dan Lurah melakukan imunisasi baik di Kantor Lurah, Posyandu,Sekolah dan PAUD.

“Bisa anak dijemput ke rumah karena data by name by address anak usia 0 – 59 bulan sudah dibagi Disdukcapil sudah per Kecamatan,” ucap Dimiyathi.

Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi dr. Muhammad Iqbal, mengatakan, kegiatan imunisasi berdasarkan arahan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk mencegah KLB sebagaimana terjadi di Aceh.

Kita diminta melaksanakan vaksin polio agar anak-anak kita terhindar dari penyakit polio. Sasaran kita 12.226 anak di Kecamatan Rambutan ada sekitar 2.300 anak,” ujar Iqbal.

Pelaksanaan imunisasi polio dilaksanakan selama satu minggu 13 – 22 Februari 2023.

Launching pemberian imunisasi Sub PIN Polio ditandai pemberian tetes imunisasi Polio dan pemberian makanan tambahan untuk mencegah stunting oleh Pj. Wali Kota Muhamamd Dimiyathi dan Ketua TP PKK Kota Tebing Tinggi Ny.Muhamaman Dimiyathi kepada 2 anak.

Ibu Sinta mengatakan tidak ada rasa khawatir membawa anaknya untuk imunisasi polio.Apabila mendatangkan kesehatan bagi anak, tidak ada alasan tidak mengikuti imunisasi polio,ujar Sinta.

Sinta menyampaikan terima kasih kepada Pemko Tebing Tinggi dan berharap pelayanan ditingkatkan lagi agar tidak terjadi berdesakan.

Sub PIN Polio merupakan kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan transmisi penularan penyakit polio (kelumpuhan, kecacatan seumur hidup, kematian) pada anak usia 0 -13 tahun.

Penyakit Polio dapat menular dari air dan makanan terkontaminasi tinja mengandung virus polio.

Tetes Polio diberikan kepada anak umur 0 – 59 bulan minimal 2 kali. Penyakit Polio tidak dapat diobati namun dapat dicegah dengan tetes polio.(BS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *