Pj Wali Kota Tebingtinggi Buka Bintek Penyusunan Master Plan Smart City

  • Bagikan
Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi Bintek Penyusunan Master Plan Smart City. (Foto : HL)

membaranews.com (Tebingtinggi)

 

Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi membuka Bintek penyusunan Master Plan Smart Citydi Gedung Balai Kartini Convention Center and Public Services,Rabu (8/6/2022)

Hadir sebagai narasumber diantaranya, Tim Pembimbing Kementrian Kominfo RI, Sri Yulianto, Pengarah Dewan Smart City Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan. Kegiatan juga dihadiri Kadis Kominfo Sumut diwakili Kabid E-Goverment Rismawati, Kadis Kominfo Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian, pimpinan OPD, Pimpinan Bank, Forkompimda dan Organisasi Pers.

Pj Walikota mengungkapkan, perjalanan panjang sudah ditempuh dalam menyusun konsep awal Smart City di Tebingtinggi, sampai akhirnya Kota Tebingtinggi terpilih dari 50 kabupaten/kota yang terfokus, atau yang akan dilakukan pendampingan dari Kementrian Kominfo.

Berbicara Smart City tidak terlepas dari teknologi informatika. Diera digitalisasi sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, terasa atau tidak terasa, kita sudah masuk berkecimpung didalamnya.

Contohnya ,andoid kita gunakan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan kita.

Kepada semua peserta Bintek, diharapkan agar data-data terkait program Smart City disampaikan kepada Tim Pembimbing penyusunan master plan ini. “Tentu peyampaian diawali dengan kompilasi data, jangan nanti gara-gara masih ada data kurang, pendampingan tidak berjalan sesuai waktu,” tegas Dimiyathi.

Kadis Kominfo Sumut menyampaikan, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kominfo Sumut mengapresiasi pelaksanaan Bintek sebagai upaya sistematis dan komprehensif mengembangkan visi strategis proritas Smart City, dalam melihat potensi permasalahan serta kesiapan infrastruktur dan SDM yang dimiliki.

“Pandemi Covid-19 memaksa percepatan transformasi digital perlu dilakukan seluruh aspek dalam penyelenggaraan negara, termasuk pemerintahan daerah. Salah satu langkah awal inplementasinya melalui perwujudan ‘Kota Pintar’.

Langkah awal dalam menuju Smart City adalah perlunya membangun satu Master Plan yang konprihensif, berdasarkan potensi peluang dan tantangan yang rill dihadapi oleh suatu daerah,” sebut Rismawati.

Bintek ini akan dilaksanakan dua hari diikuti OPD, Organisasi Pers dan pihak terkait lainnya.

Tujuannya implementasi Kota Cerdas dengan produk yang didapatkan yaitu penyusunan Master Plan untuk Kota Tebingtinggi,” ujar Dedi. (HL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *