Gubernur Edy Rahmayadi Luncurkan “Rumah Sakit Berjalan”

  • Bagikan
Mobil Operasi Lapangan

membaranews.com (Medan)

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kembali meluncurkan 3 Mobil Operasi Lapangan Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (9/3/2021).

Pengadaan mobil operasional wujud komitmen Pemprov Sumut untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bermartabat.

Mobil Operasi Lapangan adalah bus dilengkapi berbagai peralatan medis yang memungkinkan untuk dilakukan tindakan medis seperti operasi bedah dan tindakan medis lainnya.

Mobil Operasi Lapangan dapat disebut sebagai “Rumah Sakit Berjalan”.

 

Sebelumnya 3 unit Mobil Operasi Lapangan sudah bertugas memberi pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di berbagai daerah di Sumut. Gubernur menargetkan setidaknya Sumut memiliki 17 unit Mobil Operasi Lapangan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

“Saya berharap minimal ada jumlahnya (mobil operasi) separuh dari 33 kabupaten/kota atau minimal 17 bus yang siap mengatasi penyakit rakyat kita di berbagai daerah ,” ujar Edy didampingi Kadis Kominfo Irman Oemar dan Kadis Kesehatan Alwi Mujahit.

Mobil Operasi Lapangan sangat diperlukan mengingat wilayah Sumut sangat luas. Dengan Mobil Operasi Lapangan, pasien memerlukan tindakan operasi, tidak perlu lagi dibawa ke Kota Medan.

Mobil Operasi Lapangan digunakan untuk tindakan medis operasi kecil dan besar. Gubernur mencontohkan di mobil operasi bisa dilakukan tindakan bedah tumor kecil. “Ke depan, ada satu unit yang sifatnya standby , setiap kendaraan ada dokter, perawat dan peralatan medis yang dibutuhkan,” kata Gubernur.

Mobil uji coba selama 6 bulan, kalau ini benar-benar bermaanfaat akan ditambah secara bertahap hingga 17 bus. Program mobil operasi lapangan akan bersinergi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

Pada 27 Maret 2021, tiga Mobil Operasi Lapangan akan berangkat ke Kabupaten Mandailingnatal untuk melakukan operasi bibir sumbing terhadap 20 orang.

Ketua Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut dr Harry Yusmanadi mengatakan, di Mobil Operasi Lapangan bisa dilakukan operasi kecil dan besar. Timnya pernah melakukan operasi tumor seberat 35 kg.

Bus memiliki berbagai perlengkapan medis cukup lengkap, di antaranya meja operasi, anastesi, sterilisasi,alat komunikasi. Setiap bus dilengkapi dengan teknologi satelit yang memungkinkan tim dapat berkomunikasi dalam kondisi yang sulit. Setiap bus diisi oleh 15 personel,ujar dr.Harry.

Tiga Mobil Operasi Lapangan terdiri dua unit bus besar dan satu bus kecil. Bus kecil digunakan untuk menjangkau medan yang sulit. Bus juga bisa digunakan untuk pasien Covid-19 apabila membutuhkan tindakan operasi, sebab mobil sudah memiliki tekanan negatif.

“Kita sudah terprogram di 33 wilayah untuk melaksanakan program Bakti Kesehatan Bermartabat, kita bisa lakukan operasi katarak, bibir sumbing dan sebagainya.Kita akan kolaborasi dengan RS Haji dan RS Adam Malik,” kata Harry.

Diketahui, Mobil Operasi Lapangan pertama kali diluncurkan Gubernur Edy Rahmayadi 19 Juni 2019, saat peresmian Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut, di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan.(SW)

Foto :

Gubernur Edy Rahmayadi meluncurkan 3 Mobil Operasi Lapangan Bakti Kesehatan Bermartabat.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *