Bupati TSO : Perubahan RPJM Penting Untuk Sasaran Prioritas Pembangunan 

  • Bagikan
Bupati TSO RPJM

membaranews.com (Palas)

Bupati Padanglawas (Palas) H.Ali Sutan Harahap (TSO) secara resmi membuka kegiatan  Forum Kosultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD Tahun 2020-2024 di pendopo rumah dinas Bupati, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan , Selasa (23/2/2021).

“Memperhatikan perkembangan kondisi akibat pandemi Covid -19 yang berdampak buruk terhadap aspek kesehatan ,sosial , ekonomi dan aspek kehidupan lainya ,maka perlu dilakukan penyesuaian target melalui perubahan capaian indikator.

Tujuan sasaran strategi dan arah kebijakan sebagai salah satu indikator kinerja utama daerah yang dituangkan pada RPJMD Kabupaten Padanglawas tahun 2020-2024.

Menurut Bupati , pengambilan kebijakan pembangunan jangka menengah sebagai upaya untuk pemulihannya.

Bupati menjelaskan, pemerintah Kabupaten Padanglawas perlu segera melakukan perubahan RPJMD ,dalam rangka memastikan visi dan misi dan tujuan dan sasaran pembangunan jangka menengah Kabupaten Palas dan jangka menengah Nasional dapat dicapai.

“Semoga forum konsultasi publik RPJMD ini dapat meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai semua target pembangunan dan memberi manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Padanglawas mewujudkan Palas beriman , cerdas ,sehat ,sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)”,harap TSO

Plt Kepala. Bappeda Padanglawas M.Khaidir Harahap,ST memaparkan, sesuai Peraturan Mendagri Nomor 86 Tahun 2017 perubahan RPJPD dan RPJMD dapat dilakukan apabila terjadi perubahan yang mendasar.

Perubahan yang mendasar dimaksud, kata Khaidir , mencakup terjadinya bencana alam “goncangan politik” krisis ekonomi ,konflik sosial budaya ,gangguan keamanan ,pemekaran daerah atau perubahan kebijakan nasional.

Khaidir mengatakan, pandemi Covid -19 menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Padanglawas sehingga perlu dilakukan penyesuaian dan sinkronisasi RPJMD

“Saat ini Pemkab Padanglawas telah menyusun rancangan awal perubahan RPJMD ,maka berdasarkan ketentuan pada pasal 48 untuk dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui forum konsultasi publik ,”ujar Khaidir.

Dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan saran dari masyarakat terhadap program prioritas pembangunan daerah sekaligus menyerap aspirasi dan mensinkronisasi  dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Palas sebagai upaya penyempurnaan rancangan awal perubahan RPJMD .

Khaidir menambahkan, berdasarkan evaluasi tahun 2020 ,maka diperoleh rekomindasi yang menjadi bahan perumusan kebijakan perencanaan pembangunan daerah pada P-RPJMD

Diantaranya , akibat pandemi Covid -19 berdampak buruk terhadap aspek kesehatan ,sosial ,ekonomi dan aspek kehidupan ,melakukan optimalisasi kinerja dalam hal pencapaian SPM dan SDG’S tahun 2020-2024 melalui pelaksanaan program terukur dan memiliki dampak langsung ,tambah  Khaidir

Selain itu , rangka penetapan target makro pembangunan daerah agar memperhatikan capaian kinerja serta upaya pencapaian target indikator dengan tujuan dan sasaran IKU dan IKD tungkat Impact dan Outcome ,sehingga perlu dilakukan koordinasi dan sinergitas antara OPD .

Dengan memperioritaskan penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid -19 ,pencapaian visi dan misi dan program prioritas pembangunan dan penerapan SPM dan dukungan terhadap prioritas nasional .

“Dukungan capaian target pembangunan perlu dilakukan optimalisasi PAD yang dilakukan dengan rumusan target -target pendapatan daerah berdasarkan potensi yang terukur ,”tandasnya (ISN)

Foto :

Bupati TSO secara resmi memberi pengarahan pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *